Pelajar SMK

Di SMK Negeri 2 Guguak Memiliki Pelajar Yang Berpotensi Dan Berbakat Di Bidang Mereka Masing-masing, Pelajar SMK Memiliki Kemampuan Yang Beda Dengan Sekolah Lainnya, Karena Mereka Dididik Dengan Bantuan Guru-guru Yang Profesional Dan Berpengalaman. Disini Para Pelajar Dituntut Untuk Mengembangkan Kemampuan Yang Dimilikinya,Baik Dari Luar Maupun Dari Dalam.Gimana Penasaran Bukan ? Bagi Kamu Yang Mau masuk Sekolah Kejuruan, Buruan Aja Datang Ke SMK Negeri 2 Guguak. Jangan Ragu Yah..!!

Breaking News

Inilah Fakta Unik Seorang Pelajar SMK

Dunia Pendidikan - anak SMK seringkali dipandang sebelah mata. Ciyan, ya? Anak SMK malah selalu ditanya, “Kenapa masuk SMK, sih? Nggak mau kuliah, ya?” Dan yang paling menyakitkan, kalau anak SMK sering dikira masuk SMK karena nggak lolos masuk SMA idaman. SMK dianggap pacar pelarian, karena cintanya kandung ditolak SMA idaman *kemudian syuting sinetron*
Mungkin ada anak SMK yang begitu, tapi nggak semua, sob. Saya adalah salah satu anak SMK yang menikmati masa-masa bersekolah di sana. Yuk, bedah mitos dan fakta menjadi pelajar SMK.








Inilah Fakta Unik Seorang Pelajar SMK
Fakta Pelajar SMK (Mayri Hevinka Putri-19101152600029), Manajemen Informatika, UPI-YPTK Padang

  • Semua pelajar SMK adalah mereka yang nggak bisa masuk SMA idaman = MITOS

SMK dan SMA mempunyai kurikulum yang jauh berbeda. Karenanya, memilih menjadi pelajar SMK merupakan hal yang dilakukan dengan penuh kesadaran sejak awal. Menurut Salah Seorang Teman Saya, salah satu siswa angkatan ke-5 SMK jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, Dia dan hampir semua teman sekelasnya memilih SMK karena mereka memang enggak berminat masuk SMA.


"Buat aku dan beberapa teman yang sudah tahu ingin berkarir di bidang apa, SMK menjadi pilihan karena sudah jelas kurikulum pembelajarannya. Memang, sih, peran orang tua penting banget untuk membantu kita tahu apa yang akan kita pelajari ketika masuk SMK atau SMA. Jadi kita tahu bahwa memilih jurusan SMK sesuai minat itu penting banget".

  • Biaya praktek di SMK lebih mahal daripada SMA = FAKTA

Sebetulnya, masalah biaya sekolah memang bergantung pada sekolah yang kamu pilih, sobat. Tapi jika menyangkut biaya praktek mata pelajaran produktif, rata-rata biaya praktek di SMK Negeri dengan SMA negeri lumayan terasa perbedaaanya.


Misalnya nih, SMK jurusan Teknik Komputer Jaringan membutuhkan biaya untuk membeli peralatan praktek dan kebutuhan lain sebagainya untuk berbagai mata pelajaran produktif. Makanya, kalau ada yang bilang masuk SMK adalah pelarian, itu salah banget. Soalnya masuk SMK dan SMA sama-sama membutuhkan pengorbanan yang nggak sedikit sobat. 
 Inilah Fakta Unik Seorang Pelajar SMK

  • Pelajar SMK akan selalu pulang malam saking sibuknya = MITOS

Kalau kamu enggak fokus dalam mengerjakan tugas, atau kamu lalai dengan menunda-nunda, tentu aja kamu bakal terus menerus pulang malam. Misalnya, untuk SMK jurusan Tata Kecantikan, ketika mata pelajaran praktek harus mampu membuat sanggul rambut, lalu kamu nggak memanfaatkan waktu yang diberikan sehingga sanggul kamu berantakan terus, pastinya kamu harus "lembur" untuk menyelesaikan tugas praktek hari itu. 
 Inilah Fakta Unik Seorang Pelajar SMK
  • Pelajar SMK nggak segaul pelajar SMA = FAKTA

Kenapa pelajar SMK sering dibilang kurang gaul? Selain anak SMK sibuk praktek mata pelajaran produktif, organisasi ektrakurikuler di SMK juga nggak diolah secara serius. Selain itu, menurut salah satu mantan ketua Forum Komunikasi OSIS , nggak banyak SMK yang mengadakan pentas seni berskala besar di sekolahnya. Mereka lebih banyak mengadakan lomba kompetensi antar bidang jurusan. Makanya SMK terkesan selalu serius dan nggak gaul. 


  • Pelajar SMK bisa langsung kerja setelah lulus = FAKTA

Yuk, kita tengok pengalaman A (Nama Disamarkan ) yang sukses bekerja di berbagai kantor dan perusahaan begitu dia lulus SMK jurusan Software. Setelah beberapa tahun bekerja, dia berhasil mengumpulkan uang untuk melanjutkan kuliah, lho. Jadi pendidikan di SMK memang ditujukan untuk memberi kemampuan bagi siswa/i untuk siap bekerja!


Tentu aja, karena kamu hanya mendapat pendidikan dasar sebuah bidang/profesi, kamu akan bekerja dengan posisi paling dasar. Meskipun begitu, kalau kamu cepat belajar dan bekerja keras, nggak menutup kemungkinan kamu bisa terus meniti karir di bidang tersebut, meskipun kamu baru lulusan SMK.


  • Pelajar SMK harus melanjutkan kuliah sesuai dengan jurusan SMK = MITOS

Sebetulnya, berkuliah di jurusan yang sejalan dengan SMK tentu akan sangat bagus. Kamu bisa memperdalam ilmu yang kamu dapat ketika di SMK. Tapi kalau ternyata kamu mau mengambil jurusan lain di bangku perkuliahan, itu sah-sah aja, kok. Ilmu di SMK pastinya akan tetap bermanfaat.


Itulah ringkasan pendek dari saya, semoga dapat membantu anda dan semoga artikel ini memotivasi kalian semuanya, karena dimana pun kita sekolah kita harus bersyukur, baik di SMA maupun di SMK karena kita sama-sama menuntut ilmu dan sama-sama belajar. Untuk apa gunanya malu dan gengsi ? itu hanya penghambat anda dalam belajar.

Jadi buat kamu yang merasa dipandang sebelah mata,kamu harus bangkit dan buktiin kemereka bahwa kamu bisa walupun sekolah di smk,tunjuki skill kamu.. Dan anggap omongan mereka itu sebagai rintangan untuk mencapai sebuah keberhasilan,karena di luar sana masih banyak anak2 yang ingin sekolah tapi tidak mampu, jadi syukurilah nikmat apa yang telah diberikan kepada kita manfaatkan sebaik mungkin..  Terima Kasih banyak telah membaca artikel ini..

No comments