Mau Tau Prilakua Anak RPL ?? Ayo Simak Artikel Ini !!
Dunia Pendidikan - Sebelumnya saya telah membahas
tentang “Multimedia” dan “TKJ”,sekarang saya akan membahas tentang hal yang
masih berhubungan dengan artikel sebelumnya. Kali ini saya akan membahas
tentang RPL(Rekayasa Perangkat Lunak). Mungkin kata ini terdengar asing bagi
sebagian orang maka dari itu saya akan membahas sedikit tentang RPL ini yang
kebetulan jurusan yang saya geluti sekarang :
RPL(Mayri Hevinka Putri-19101152600029), Manajemen Informatika, UPI-YPTK Padang
Apa itu RPL ???
RPL(Rekayasa Perangkat Lunak) bahasa inggris Software Engineering merupakan
salah satu disiplin ilmu/jurusan yang ada di SMK maupun salah satu materi yang
ada di Perguruan Tinggi. Secara garis besar RPL mempelajari seluk beluk
software. Berikut ini beberapa definisi tentang RPL : · Menurut IEEE Computer
Society : Rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang
sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan
pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu
penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak. ·
Menurut Wikipedia : Rekayasa
perangkat lunak adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara
pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen
organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas Jadi secara
singkat pengertian Rekayasa Perangkat Lunak ialah pengubahan perangkat lunak
itu sendiri guna untuk mengembangkan,memelihara dan membangun kembali dengan
menggunakan prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat
bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna. RPL sendiri mempunyai ruang
lingkup kerjanya yakni :
1. Software Requirements berhubungan dengan
spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak.
2. Software desain
mencakup proses penampilan arsitektur, komponen, antar muka, dan karakteristik
lain dari perangkat lunak.
3. Software construction berhubungan dengan detail
pengembangan perangkat lunak, termasuk. algoritma, pengkodean, pengujian dan
pencarian kesalahan.
4. Software testing meliputi pengujian pada keseluruhan
perilaku perangkat lunak.
5. Software maintenance mencakup upaya-upaya
perawatan ketika perangkat lunak telah dioperasikan.
6. Software configuration
management berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasi perangkat lunak untuk
memenuhi kebutuhan tertentu.
7. Software engineering management berkaitan
dengan pengelolaan dan pengukuran RPL, termasuk perencanaan proyek perangkat
lunak.
8. Software engineering tools and methods mencakup kajian teoritis
tentang alat bantu dan metode RPL. Tujuan RPL(Rekayasa Perangkat Lunak) Setiap disiplin ilmu pastinya memliki tujuan baik untuk pengetahuan maupun yang digunakan untuk praktek tak terkecuali RPL ini. Berikut beberapa tujuan RPL : § Menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis platform § Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatan rendah § Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang murah § Menghasilkan pereangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal dan tepat waktu 3. Prospek Kerja Rekayasa Perangkat Lunak Sebagai salah satu disiplin ilmu yang mempelajari tentang teknologi khusunya yang berhubungan dengan software, prospek kerja RPL cukup cerah banyak sekali profesi yang berhubungan dengan RPL yakni : · Game Developer - Dengan berbagai bekal ilmu yang diperolehnya termasuk computer graphic, human computer interaction, dll, seorang yang menggeluti RPL juga dapat berperan sebagai pengembang perangkat lunak untuk multimedia game. · Software Tester - Terkait dengan ukuran perangkat lunak, ia dapat juga berperan khusus sebagai penguji perangkat lunak yang bertanggung jawab atas kebenaran fungsi dari sebuah perangkat lunak. · Computer Network / Data Communication Engineer - Bertugas merancang arsitektur jaringan, serta melakukan perawatan dan pengelolaan jaringan dalam suatu instansi atau perusahaan. · Web Engineer / Web Administrator - Bertugas merancang dan membangun website beserta berbagai layanan dan fasilitas berjalan di atasnya. Ia juga bertugas melakukan pemeliharaan untuk website tersebut dan mengembangkannya.
By : DuniaPendidikan
No comments