Lingkungan Pekerjaan Anak Akuntansi (Mayri Hevinka Putri-19101152600029), Manajemen Informatika, UPI-YPTK Padang
Dunia Pendidikan - Jika bisa memilih anda jelas akan
mengatakan bahwa beradaptasi merupakan pekerjaan besar dan terkadang hal
sulit bagi beberapa orang. Namun jika anda tidak pernah mencoba keluar
atau merubah lingkungan anda jelas hal tersebut hanya memanjakan anda
pada zona nyaman saja. Bukan hanya tempat tinggal, sekolah dan hal
lainnya namun juga pekerjaan.
Terkadang anda merasa tidak merasa baik pada lingkungan pekerjaan
sehingga mengharuskan anda pindah ke tempat pekerjaan yang baru. Selain
itu, anda juga harus berpindah karena meningkatkan karir dan sejenisnya.
Berikut ini untuk anda yang mengalami kesulitan bagaimana cara mudah
beradaptasi dengan lingkungan kerja baru bagi anak akuntansi.
- Cari Tahu Pekerjaan
Sebelum anda memasuki arena baru cobalah untuk cari tahu jenis
pekerjaan yang akan anda kerjakan. Meskipun profesi yang dimiliki sama,
biasanya banyak orang yang tetap saja kaget dengan perusahaan baru.
Misalnya anda memang melakukan pekerjaan yang sama namun di tempat kerja baru apakah ada hal yang harus anda perhatikan. Nah itulah yang harus
dicari tahu sebelum berperang disana.
- Kenali Sistem Manajemen Perusahaan
Perkembangan Psikologi Dalam Industri Di Indonesia memang
tinggi, begitupun manajemen yang berkaitan dengan psikologi seseorang.
Manajemen merupakan hal yang mengikat, apapun prinsip anda manajemen
memaksa anda untuk bisa tahu dan juga terlibat atau patuh. Sama halnya
seperti hukum yang berjalan di antara masyarakat dan sejenisnya.
Mengenali sistem manajemen memang tidak bisa dilakukan satu atau dua
hari saja. Terkadang butuh waktu yang lama dan tidak mudah, namun
percaya diri saja karena anda sudah memutuskan untuk bergabung ke
lingkungan barunya.
Selain itu lihat juga apakah manajemen yang ada pada perusahaan baru
anda merupakan manajemen yang baik atau tidak. Adakah kondisi seperti
korupsi, banyaknya sebuah keluarga memimpin dan juga masalah yang
mempersulit karyawan. Jika memang ada baiknya anda antisipasi karena
bisa saja anda korban dari keburukan manajemen perusahaan baru.
- Ketahui Keinginan Atasan Langsung
Untuk bisa beradaptasi di lingkungan kerja yang baru, jelas anda akan
terlibat dengan atasan dibandingkan dengan dengan teman kerja pertama
kalinya. Mereka yang memberi arahan, pekerjaan, job desk dan hal
lainnya. Jelas karena itu anda harus bisa mengetahui keinginan atasan
anda terutama atasan anda secara langsung. Jangan sampai membuat mereka
merasa menyesal karena telah memilih anda untuk menjadi karyawan
selanjutnya. Cara Menghadapi Atasan atau Teman Kerja yang Kurang Menyenangkan ini mungkin bisa membantu.
- Pelajari Cara Kerja
Cara kerja merupakan salah satu yang dibeli tempat kerja yang berani
meng”hire” atau menyewa karyawannya untuk bisa menunjukan hasil yang
nyata dan sesuai. Cara kerja seseorang memang berbeda, namun jika anda
sudah bisa membuktikan dan benar-benar bagus anda bisa saja jadi bintang
meskipun di tempat baru.
Cara kerja masing-masing orang berbeda, namun anda juga harus
mempelajari ketika pindah ke lingkungan baru. Dimana cara kerja anda
bisa saja tidak cocok dengan lingkungan baru, misalnya mereka
membutuhkan seseorang yang bekerja dengan cepat dan anda terbiasa dengan
kerja yang lambat namun teliti. Jelas anda tidak akan bisa mengikuti
lingkungan yang baru sehingga anda harus bisa menyesuaikan dan mencari
solusi yang tepat.
- Lihat Kebutuhan Pekerjaan
Kebutuhan pekerjaan setiap tempat berbeda, dimana anda harus
mengenalinya agar tidak salah tempat dan cara bekerja. Seringkali orang
yang baru melakukan pekerjaan yang tidak seharusnya, mereka panik tidak
tahu harus mengerjakan apa dan tidak mau komunikasi pada siapapun.
Jika sudah seperti ini banyak orang lama
akan merasa bahwa anda tidak kompeten untuk bekerja di perusahaan
mereka. Coba untuk melihat kebutuhan pekerjaan dan lakukan sesuai dengan
jobdesk anda. Baca Peran Psikologi dalam Membangun Pendidikan Bangsa.
- Kenali Partner Kerja
Cara Menghilangkan Sifat Pendiam Efektif sulit
untuk diaplikasikan, namun mau tidak mau ketika anda pindah kerja anda
harus bisa menguranginya. Apa yang dikhawatirkan banyak perusahaan pada
karyawannya? Kesulitan untuk bekerja sama dan juga mencoba mengenali
partner kerja mereka lebih baik. Jika hal ini terjadi, maka anda
termasuk yang akan bermasalah. Ketika anda baru masuk tempat kerja yang
baru dan mencoba untuk adaptasi jelas anda harus mengenali siapa partner kerja anda.
Jangan menyamakan mereka dengan teman lama anda, disini anda memulai
semua dari garis awal dan anda kembali menjadi orang yang awam. Sebagian
orang merasa bahwa mereka bisa melakukan apapun karena reputasi baik
mereka di perusahaan sebelumnya. Padahal bisa saja berbeda, dan hal
tersebut yang tidak disukai para partner kerja dari lingkungan baru.
Coba kenali dan adaptasi kembali.
- Jangan Terlibat Kehidupan Pribadi
Profesional merupakan hal yang sulit didapatkan dari seorang
karyawan, mengingat anda sebagai manusia tetap saja terlibat sebuah
masalah yang nantinya menyebabkan anda tidak profesional. Seringkali
ketika anda baru pertama kali datang, maka kehidupan pribadi orang akan
terlihat satu demi satu.
Seringkali orang masuk dengan baik-baik
kemudian mereka terlibat kehidupan pribadi orang lama yang akhirnya
menyeret anda. Mungkin bisa dikatakan bermain aman namun tetap saja,
jangan ambil resiko sangat besar ketika anda baru masuk ke lingkungan
baru. Hindari hal tersebut dan jangan sampai ketidak profesionalan itu
menghanguskan karir anda dalam sekejap.
- Kenali Banyak Orang
Mengenali banyak orang mungkin akan menjadi masalah utama bagi banyak
orang, dimana anda bisa bekerja sekaligus memperkenalkan siapa anda dan
berkenalan dengan lingkungan. Anda dari divisi keuangan tak berarti
hanya tahu divisi keuangan.
Namun anda bisa kenal dari lingkungan lain dan bisa jadi mereka memberikan keuntungan yang tak pernah anda tebak biasanya.
- Hindari Ikut Campur
Sebagai orang baru anda tidak memiliki kekuatan untuk ikut campur,
dimana akan ada banyak hal yang berbeda dan tidak pernah anda sangka.
Termasuk jika ada masalah yang terjadi tepat didepan anda namun tidak
melibatkan anda, jelas jangan coba-coba untuk terlibat atau ikut
campur. Sehingga anda tetap aman dan anda bisa mempelajari lingkungan
baru tanpa harus terlibat masalah. Seringkali keikut sertaan anda sebagai
anak baru menyebabkan masalah yang justru besar.
- Konsentrasi
Seringkali mengenali lingkungan baru membuat anda tidak konsentrasi
terhadap apa yang harus anda lakukan dan sejauh mana anda harus
memberikan yang terbaik.
Perlu diingat bahwa ketika anda memasuki lingkungan pekerjaan yang
baru anda terganggu oleh sikap orang yang aneh, menyebalkan, tidak
terduga dan sebagainya. Sehingga konsentrasi anda buyar, padahal jangan
biarkan hal tersebut terjadi. Baca Fakta Anak Ketiga Menurut Psikologi.
- Jangan Takut Pada Tantangan
Ketika anda pindah ke lingkungan yang baru akan banyak tantangan yang benar-benar mengganggu dan menguji anda.
Jangan jadi macan yang terkena bius, cobalah untuk menaklukan tantangan ini diluar status “anak baru” anda di tempat pekerjaan yang
baru. Cobalah dan pelajari dengan baik, yang harus anda lakukan jangan
arogan dan kalahkan dengan rasa percaya diri bukan dengan kesombongan.
- Jangan Bawa Junior dan Senior
Dalam bekerja memang ada sopan santun, dimana ada banyak orang yang
lebih lama dalam perusahaan atau dalam tempat kerja anda. sehingga
ketika anda menjadi orang baru cobalah untuk tidak arogan dan juga
belajar dari awal kembali. Dalam bekerja memang benar tidak ada junior
dan senior namun tak ada salahnya untuk belajar.
- Persiapkan Diri
Mempersiapkan diri untuk apapun yang terjadi dimana masalah bisa saja
terjadi dalam perusahaan baru. Tidak ada yang bisa menjamin apakah anda
akan aman atau justru terlibat permasalahan ketika datang. Anda
benar-benar harus mempersiapkan diri dan juga berpikir bahwa akan banyak
hal yang anda hadapi. Bagi beberapa orang bahkan mereka datang di waktu
yang salah, seperti sedang adanya permasalahan, permusuhan dan hal
lainnya.
Dalam hal inilah anda akan sulit
beradaptasi dan dipaksa untuk memihak beberapa kubu, Namun usahakan
untuk sendiri dan jangan menuntut atau mengambil jalan aman.
- Jangan Bawa Lingkungan Lama
Hindari lingkungan lama yang terbawa karena dendam atau sejenisnya.
Biasanya ketika anda pindah ke lingkungn kerja yang baru seringkali
orang membawa sikap, kebiasaan dan sejenisnya ke lingkungan yang baru
dan hal tersebut jelas mengganggu. Bisa saja lingkungan baru anda
melihat karakter anda yang buruk dan tidak sesuai dengan cara bekerja
anda. Sehingga pastikan anda menghapus memori buruk dan kebiasaan buruk
anda kemudian coba dengan hal yang baru.
- Tunjukan Cara Kerja yang Baik
Terakhir adalah jelas jangan coba untuk menunjukan cara kerja yang
buruk. Sehingga anda harus benar-benar bisa mengendalikan diri dalam
lingkungan baru, yang dibutuhkan hanyalah pembuktian bahwa anda layak
diterima di lingkungan kerja baru dan bisa mendapatkan pengakuan dari
teman-teman baru lainnya. Tunjukan cara kerja anda bahkan bisa lebih
baik dari mereka dan anda akan benar-benar diakui bahkan dibutuhkan.
Ketika anda datang ke lingkungan kerja baru memang bukan hal yang
mudah, mengingat banyak orang yang merasa bahwa berpindah merupakan hal
yang menyulitkan. Namun anda jelas tidak bisa berdiam di satu tempat
saja, anda harus mau keluar dari zona nyaman anda demi mendapatkan karir
yang lebih bagus di waktu selanjutnya tentu.
No comments