Pelajar SMK

Di SMK Negeri 2 Guguak Memiliki Pelajar Yang Berpotensi Dan Berbakat Di Bidang Mereka Masing-masing, Pelajar SMK Memiliki Kemampuan Yang Beda Dengan Sekolah Lainnya, Karena Mereka Dididik Dengan Bantuan Guru-guru Yang Profesional Dan Berpengalaman. Disini Para Pelajar Dituntut Untuk Mengembangkan Kemampuan Yang Dimilikinya,Baik Dari Luar Maupun Dari Dalam.Gimana Penasaran Bukan ? Bagi Kamu Yang Mau masuk Sekolah Kejuruan, Buruan Aja Datang Ke SMK Negeri 2 Guguak. Jangan Ragu Yah..!!

Breaking News

Inilah Kelebihan Jurusan TKJ

Dunia Pendidikan - Jurusan TKJ atau Teknik Komputer Jaringan adalah sebuah jurusan teknik Sekolah Menengah Kejuruan yang membahas mengenai dasar komputer seperti pengertian software, pengertian hardware, cara instalasi sistem operasi, cara instalasi PC, cara instalasi jaringan, troubleshooting jaringan, mempelajari program komputer, dan masih banyak lagi.
KELEBIHAN TKJ(Mayri Hevinka Putri-19101152600029), Manajemen Informatika, UPI-YPTK Padang
Setiap jurusan pasti memiliki kelebihan masing-masing, termasuk jurusan TKJ. Ketika kita berpikir bahwa hanya ada satu jurusan yang terbaik, itu salah! Tapi jika kita berpikir pokoknya jurusan yang aku pilih adalah yang terbaik untukku, nah itu baru benar. Jadi, jangan pernah menganggap suatu jurusan lebih rendah daripada jurusan lain, karena itu tergantung orangnya juga.

Berhubung saya adalah siswa TKJ juga, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai kelebihan jurusan TKJ. Mungkin ini bisa bermanfaat dan memberikan sedikit gambaran kepada Anda yang sedang mencari informasi mengenai TKJ.

A. Kelebihan Jurusan TKJ

Dalam memilih jurusan, usahakan memilih sesuai dengan keinginan, bukan karena paksaan. Sebab, jika dari awal kita sudah memantapkan memilih jurusan TKJ (misal), maka nanti akan mengetahui banyak tentang ilmu TKJ karena dari awal memang sudah ada niat belajar TKJ. Tapi kalau masuk TKJ karena paksaan, mungkin akan lebih sulit untuk suka dengan jurusan ini.
Baiklah, kelebihan jurusan TKJ ini bisa dibilang opini dan bisa juga dibilang fakta. Kalau suka ya diterima, tapi kalau tidak suka ya jangan mencela. Berikut ini adalah beberapa kelebihan jurusan TKJ yang bisa menjadi pertimbangan ketika ingin masuk TKJ:

1. Materi Lengkap

Materi-materi yang diberikan pada jurusan TKJ bisa dikatakan lengkap. Sejak kelas X, sudah diajarkan mengenai dasar software dan hardware. Tidak lupa diajarkan cara instalasi sistem operasi open source ataupun close source. Setelah masuk ke kelas XI, materi jaringan mulai diperkenalkan. Praktek-praktek Mikrotik juga sering dilakukan untuk memantapkan keterampilan dalam mengembangkan jaringan. Untuk kelas XII, materi-materi sebelumnya akan diulang kembali karena nantinya akan digunakan untuk ujuan praktek.

Saat ujian praktek, yang diujikan adalah materi-materi ketika kelas X-XI, bisa saja install debian, mikrotik, ataupun materi lainnya. Yang jelas, kita sebagai siswa TKJ harus selalu siap dengan materi apapun yang akan digunakan dalam ujian praktek nantinya. Ketika ujian praktek akan terlihat, mana siswa yang benar-benar belajar dan mana yang tidak.

2. Membuat Kita Tidak Gaptek

Perkembangan teknologi yang semakin maju menuntut kita untuk selalu mengikuti perkembangan tersebut. Dengan jurusan TKJ, kita bisa melakukannya! Sudah menjadi keharusan anak TKJ bisa mengoperasikan komputer. Dengan komputer, kita bisa menemukan berita terbaru apapun dengan catatan selama kita mau! Kalau pakai komputer cuma buat main sosmed saja, bagaimana mau update? update status? 

Siswa TKJ yang menggunakan komputer untuk mencari informasi terbaru, bisa dipastikan bahwa dia tidak kudet karena terus mengikuti perkembangan informasi yang ada. Jadi, jika nanti Anda masuk ke jurusan TKJ, manfaatkan komputer dan jaringan internet sebaik mungkin agar tidak ketinggalan informasi yang sedang update.

3. Pengalaman Kerja Saat Prakerin

Salah satu tujuan memilih SMK adalah agar setelah lulus bisa langsung kerja. SMK memang sudah mempersiapkan peserta didiknya untuk siap masuk ke dunia indurtri saat lulus nanti. Selain teori produktif, prakerin (praktek kerja industri) juga menjadi andalan untuk mematangkan mental kerja siswa SMK, selain itu juga untuk mencari pengalaman sebelum terjun ke dunia industri sesungguhnya.

Kegiatan yang pernah saya lakukan saat prakerin adalah instalasi sistem operasi, merakit PC, bongkar pasang laptop/PC, dan masih banyak lagi. Saran saya, ketika sedang prakerin lakukanlah dengan sungguh-sungguh dan dapatkan ilmu yang tidak didapatkan di sekolah. Oh ya, bagi yang sekiranya membutuhkan contoh laporan prakerin, silahkan baca selengkapnya di Contoh Laporan Prakerin/PKL TKJ.

4. Peluang Kerja Banyak

Banyak perusahaan-perusahaan yang membutuhkan keterampilan dari seorang lulusan TKJ untuk menempati bagian ahli komputer. Bagi yang ingin membuka usaha sendiri juga bisa, yang terpenting adalah niat, tapi modal juga jangan lupa. Tidak menutup kemungkinan bagi Anda yang masih ingin melanjutkan kuliah untuk mencari ilmu.

Pokoknya, selama kita mau usaha, ilmu yang didapat saat menjadi siswa TKJ tidak akan sia-sia. Seperti contoh, jika Anda hobi berbagi materi TKJ, Anda bisa membuat blog dan mengisinya dengan materi TKJ. Perlu kita ketahui bahwasannya blog juga bisa menghasilkan uang!

5. Banyak Cewek

Ehh, engga ding! Tapi memang benar juga sih, jurusan TKJ kebanyakan siswanya memang cewek, tapi cowoknya juga banyak. Jadi jurusan ini sangat cocok untuk Anda yang suka modusin cewek. Kalau saya sendiri sih jujur saja tidak suka! karena bisa saja menggoyahkan iman dan malah terjerumus ke jalan yang sesat, secara, iman saya juga masih belum kuat!

Nah, itulah sedikit informasi mengenai kelebihan jurusan TKJ. Bagi Anda yang ingin masuk ke TKJ, semoga sedikit gambaran kelebihan TKJ ini bisa bermanfaat untuk Anda. Oh ya, salam kenal dari pendidikansmknguguak.


By : DuniaPendidikan

1 comment: