Pelajar SMK

Di SMK Negeri 2 Guguak Memiliki Pelajar Yang Berpotensi Dan Berbakat Di Bidang Mereka Masing-masing, Pelajar SMK Memiliki Kemampuan Yang Beda Dengan Sekolah Lainnya, Karena Mereka Dididik Dengan Bantuan Guru-guru Yang Profesional Dan Berpengalaman. Disini Para Pelajar Dituntut Untuk Mengembangkan Kemampuan Yang Dimilikinya,Baik Dari Luar Maupun Dari Dalam.Gimana Penasaran Bukan ? Bagi Kamu Yang Mau masuk Sekolah Kejuruan, Buruan Aja Datang Ke SMK Negeri 2 Guguak. Jangan Ragu Yah..!!

Breaking News

Materi Yang Di Bahas Dalam Jurusan Multimedia

Dunia Pendidikan - Jurusan Multimedia merupakan jurusan yang kini tengah maju pesat, banyak orang diluar sana saling merebutkan posisi untuk mengambil sekolah Negeri dengan keahlian IT atau ilmu teknologi. Jika teman-teman yang baru lulusan smp atau sekolah menengah pertama dan mendapatkan hasil nilai Ujian Nasional memuaskan, kamu banyak peluang loh untuk mengambil jurusan apa aja. Dan perlu kamu ketahui juga, dalam jurusan multimedia jika kamu mengambilnya sekolah swasta yang berbayar, pasti akan mahal untuk biaya spp, penunjang akhir tahun dan biaya-biaya lainnya yang tak terduga pasti akan diminta oleh pihak sekolah tersebut.
Materi Yang Di Bahas Dalam Jurusan Multimedia
Multimedia(Mayri Hevinka Putri-19101152600029), Manajemen Informatika, UPI-YPTK Padang

Kami sarankan bagi teman-teman yang mengambil jurusan multimedia tetapi hanya bisa memasuki sekolah swasta, mending ngambil jurusan lain saja. Kenapa begitu? karena jurusan ini dibilang sangat mahal biayanya, tapi kalau orangtua kalian mampu yaa tidak apa-apa. Namun pada ulasan kali ini kami akan memberikan materi apa aja sih yang akan dipelajari di multimedia, yuks langsung saja simak ulasannya.
 

Perbedaannya jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) sama Multimedia itu dimananya sih? Kakak sendiri jurusan multimedia dan perlu kamu ketahui jurusan 2 tersebut sangat berbeda, iya sangat berbeda sekali mulai dari materi pelajaran yang akan dibahas nantinya dan teknis-teknis lainnya. Kalau untuk multimedia yang pasti sudah mencakupi semua pelajaran pada jurusan TKJ, namun kalau untuk TKJ tidak akan mencakupi semua pelajaran multimedia.

Tetapi kalau kalian menyukai merakit komputer dan ilmu coding seperti javascript, php, html, css, java dan bahasa coding lainnya, lebih bagus ambil jurusan TKJ saja. Multimedia memang akan mempelajari merakit komputer dan ilmu coding, tetapi tidak terlalu spesifikasi banget seperti jurusan tkj, kalau jurusan tkj ia akan lebih dalam untuk mempelajari pelajaran tersebut.


Intinya multimedia tuh hanya sebagai pengenalan saja, tinggal siswanya saja lebih memiliki kemampuan yang mana, misalkan pandai coding atau pembuatan animasi, yaa teman-teman tinggal fokuskan kesitu, karena dijurusan multimedia dia hanya dasarnya saja dan selebihnya siswa itu sendiri untuk memperdalaminya.

Tetapi ngomong-ngomong tentang jurusan ini, mending langsung kita bahas pelajaran apa saja sih nantinya yang akan dipelajari pada jurusan multimedia, yukk simak nih pelajarannya.


1. Desain Grafis

Salah satu yang paling terkenal dari jurusan ini adalah pelajarn desain grafis, nanti teman-teman akan mempelajari desain yang akan dibimbing oleh guru-guru yang bersangkutan dan pastinya ini pelajaran yang paling mengasyikan. Dan software yang paling sering digunakan adalah Adobe ilustrator, photshop dan corel draw, intinya sih sesuai dengan guru yang diminta pakai software apa nantinya.


2. Membuat Animasi 2D dan 3D



Materi Yang Di Bahas Dalam Jurusan Multimedia

Nanti teman-teman juga akan mempelajari animasi 2D dan animasi 3D, dan software yang paling dikenal pada jurusan multimedia dan paling sering digunakan adalah Blender (Untuk pembuatan 3D) dan After Effect (Untuk pembuatan 2D). Kedua software tersebut yang nantinya akan dipelajari oleh teman-teman, tetapi tergantung sekolah yang dipilih, biasanya beda software namun sih paling mayoritas yaa kedua software itu.


3. Editing Video



Materi Yang Di Bahas Dalam Jurusan Multimedia

Pelajaran selanjutnya adalah editing video, nanti kalian juga akan mempelajari untuk edit-edit video, dan software yang paling sering digunakan adalah Adobe Premiere, ada juga software lainnya yang terkenal pada jurusan ini diantaranya : Filmora, Camtasia dan Sony Vegas.

4. Web Desain



Materi Yang Di Bahas Dalam Jurusan Multimedia

Nah ini nih pelajaran yang paling pusing, tetapi tidak terlalu pusing kalau kamu sudah mengetahuinya hehe. Yang dimana kamu akan mempelajari coding, iya namanya coding atau dibacanya koding. Mungkin kalau kamu masih awam akan sangat pusing sekali, kakak dulu juga begitu bingung ini pelajaran apa hehe, tapi kalau kalian akan menekuninya pasti akan bisa nantinya.


5. Lainnya

Kenapa lainnya? karena setiap sekolah berbeda metode pembelajarannya, ada yang mempelajari cinema fotografi, perakitan komputer dan masih banyak lagi. Tetapi dari 4 pelajaran diatas itu wajib pasti akan kalian pelajari nantinya.
Jika kalian tertarik ingin memasukinya, silahkan mumpung tidak kehabisan bangku kosongnya hehe. Kalau teman-teman ingin lebih tahu banyak lagi, silahkan komentar saja nanti kakak akan menjawab semua pertanyaan adik-adik.

Mungkin itu saja mengenai jurusan multimedia, intinya jurusan multimedia itu tidak akan membosankan, justru akan membuat kita semakin senang. Enggak percaya? coba tanyakan saja sama teman kalian yang sudah memasuki jurusan ini. 



By : Dunia Pendidikan

 

1 comment: