Heboh !! Tak Disangka Kualitas Administrasi Perkantoran Di Masa Mendatang
Dunia Pendidikan - Memutuskan
untuk bergelut di bidang Administrasi Perkantoran merupakan langkah
awal yang cukup menjanjikan di masa depan. Di balik setiap bisnis yang
besar ada seorang
administrator kantor yang hebat pula. Sebuah bisnis tidak akan mampu
berfungsi
tanpa adanya peran administrator. Dibutuhkan keterampilan khusus dari
untuk
dapat memegang peran administrator kantor yang fantastis.
ADM (Mayri Hevinka Putri-19101152600029), Manajemen Informatika, UPI-YPTK Padang
Posisi administrasi kantor adalah di antara yang paling sering diiklankan dan sangat dicari pekerjaan, memberikan keamanan kerja, variasi dan tanggung jawab, peluang untuk bekerja di beragam tempat kerja, dan tempat pelatihan umum yang sangat baik. Peluang di administrasi kantor yang ada di setiap industri, dari kreatif untuk perusahaan untuk tidak-untuk organisasi nirlaba, serta usaha kecil dan besar.
- Kualitas administrator kantor sangat baik seperti apa ?
Untuk unggul dalam karir administrasi kantor Anda
harus memiliki keterampilan organisasi yang kuat, cepat dan efisien, mampu
memprioritaskan tugas-tugas, dan mampu bekerja mandiri serta sebagai bagian
dari tim.
Keterampilan yang baik dan komunikasi karena
yang cerdas, sangat penting sebagai perwakilan perusahaan dalam media
pendistribusi komunikasi untuk mengkoordinasi anggota lain. Pengusaha juga
ingin staf administrasi yang fleksibel dan memiliki sikap positif.
- Kualifikasi apa yang Anda perlukan untuk menjadi seorang
Administrasi Perkantoran ?
Salah satu jenis pekerjaan yang membutuhkan
tenaga ahli administrasi perkantoran.
Resepsionis
Resepsionis mengelola di bagian depan kantor,
menyapa klien, pemasok dan pengunjung serta mengarahkan panggilan telepon,
email dan surat. organisasi, komunikasi dan layanan pelanggan yang kuat
keterampilan persyaratan penting untuk resepsionis untuk mengelola tugas-tugas
mereka bervariasi. Tanggung jawab lain mungkin termasuk mengelola janji dan
pemesanan ruang pertemuan, menjaga meja depan rapi, memberikan dukungan
administrasi, membuat dokumen atau laporan, entri data, mengatur perjalanan,
mengelola alat tulis dan saham lainnya. Resepsionis sering dianggap wajah
bisnis; sebagai hasil, presentasi pribadi profesional dan bersemangat, ramah
disposisi yang sangat disukai untuk peran ini.
Asisten Administrasi
asisten administrasi mencakup berbagai tugas dan tanggung jawab
tergantung pada kebutuhan bisnis. asisten administrasi mungkin diperlukan untuk
mempersiapkan, file atau arsip dokumen, menyortir surat, mengirim email atau
komunikasi lain untuk klien, menjawab telepon atau mengelola saham, serta
memenuhi kantor umum dan tugas-tugas. Asisten administrasi juga mungkin
diperlukan untuk mengatur dan mengelola acara untuk staf atau pemangku
kepentingan eksternal.
Manajer
kantor
Umumnya manajer kantor bertanggung jawab atas
tugas-tugas kantor organisasi dan lainnya yang diperlukan untuk secara efektif
dan efisien menjalankan bisnis. Tugas meliputi pengajuan dan informasi
mengintegrasikan untuk digunakan oleh staf dan klien, mengelola staf internal
dan komunikasi klien eksternal, pemeliharaan peralatan kantor dan perlengkapan,
mengurus surat dan perbankan, dan mengelola faktur dan penggajian. keterampilan
IT juga sangat dianggap sebagai manajer kantor sering diminta untuk memberikan
dukungan TI kepada anggota staf lain.
posisi manajer kantor biasanya membutuhkan
kandidat untuk memiliki pengalaman yang kuat administrasi dan pelatihan, dan
kadang-kadang kompetensi dalam HR dan OH & S. manajer kantor untuk usaha
profesional yang lebih kecil bahkan mungkin menemukan diri mereka bekerja di
bidang-bidang seperti pemasaran atau pemeliharaan website.
Asisten Pribadi (AP) dan Asisten Eksekutif (AE)
Asisten pribadi (AP) dan asisten eksekutif (AE) memberikan
dukungan administratif kepada eksekutif dari sebuah perusahaan atau organisasi.
Peran AE ini biasanya lebih difokuskan pada pengorganisasian jadwal dan
kegiatan eksekutif daripada menjalankan umum kantor. Tugas seperti manajemen
diary, meninjau masuk mail, email, pengiriman dan laporan untuk prioritas,
mempersiapkan agenda, menyelenggarakan pertemuan, penelitian, membuat laporan
dan mengatur pengaturan perjalanan dan tamu biasanya bagian dari peran AE.
Karena AE bekerja sama dengan eksekutif dan
biasanya mendapatkan informasi rahasia, peran ini membutuhkan tingkat tinggi
profesionalisme dan kebijaksanaan. Di tingkat tertinggi, bekerja sebagai AP
atau AE bisa sangat menguntungkan - AE eksekutif bisa memperoleh gaji sebesar $ 100.000/bulan itu di luar negeri. Bayangkan
jika di Indonesia perbulannya bisa mencapai 100 juta lebih harga dari
keterampilan administrasi kantor.
Virtual
Asisten
Virtual asisten (VAS) memberikan terpencil
administrasi freelance atau kontrak atau dukungan bantuan pribadi untuk usaha
kecil. Pekerjaan ini sangat cocok untuk staf administrasi berpengalaman yang
ingin menjalankan bisnis mereka sendiri dari rumah. Virtual asisten biasanya
mengelola tugas-tugas seperti faktur dan pengolahan pembayaran, distribusi
produk, membuat dokumen dan laporan, penanganan permintaan email dan
tugas-tugas administratif lainnya yang dapat dikelola melalui email atau
online.
Kemahiran dengan internet dan Skype dan
pengetahuan sistem pengarsipan secara online diperlukan untuk bekerja sebagai
VA. keterampilan manajemen bisnis juga merupakan keharusan bagi VAS untuk
mengelola usaha kecil mereka sendiri, apakah mereka melayani satu atau dua
klien besar atau banyak usaha kecil.
Bidang
Spesialis
Ada juga peran
administrasi khusus seperti staf administrasi hukum atau medis. Adapula menjadi
Sekretaris hukum mungkin diperlukan untuk mempersiapkan korespondensi dan
dokumen hukum seperti gerakan, keluhan, surat panggilan dan panggilan dari
pengadilan di bawah pengawasan seorang pengacara. Staf administrasi dalam praktek
medis perlu akrab dengan rumah sakit atau laboratorium prosedur, pencatatan,
aturan asuransi dan praktik penagihan. Selain itu ilmu dari Administrasi Perkantoran
ada pula yang menerapkannya sebagai tenaga pendidik yaitu menjadi guru di
sekolah kejuruan (SMK).
Untuk menyimpulkannya adalah Seorang Administrasi Perkantoran tidak
hanya mempunyai kegiatan perencanaan keuangan, penagihan dan
pencatatan, personalia, dan distribusi barang serta logistik di sebuah
organisasi. Melainkan masih banyak lagi keterampilan yang luar biasa
dimilikinya. Perusahaan banyak yang menginginkan keterampilannya. Saya
pribadi adalah pelaku dari jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran
sejak saya SMK. Kemudian meneruskan ke Perguruan Tinggi dengan jurusan
yang sama. Imbasnya begitu banyak keterampilan dan penguasaan skill yang
menarik dan menjanjikan yang telah saya dapatkan dari jurusan
Administrasi Perkantoran.
Itulah artikel pendek saya mengenai administrasi perkantoran,dan bagi kammu yang minat dengan jurusan ini,langsung saja masuk tanpa ragu-ragu,karna di balik semua pasti akan ada hasil yang memuaskan bagi anda semuanya,, Terima Kasih telah bergabung dan telah mengikuti perkembangan pendidikansmknguguak ini..
No comments