Pelajar SMK

Di SMK Negeri 2 Guguak Memiliki Pelajar Yang Berpotensi Dan Berbakat Di Bidang Mereka Masing-masing, Pelajar SMK Memiliki Kemampuan Yang Beda Dengan Sekolah Lainnya, Karena Mereka Dididik Dengan Bantuan Guru-guru Yang Profesional Dan Berpengalaman. Disini Para Pelajar Dituntut Untuk Mengembangkan Kemampuan Yang Dimilikinya,Baik Dari Luar Maupun Dari Dalam.Gimana Penasaran Bukan ? Bagi Kamu Yang Mau masuk Sekolah Kejuruan, Buruan Aja Datang Ke SMK Negeri 2 Guguak. Jangan Ragu Yah..!!

Breaking News

Heboh !! Tak Disangka Kualitas Administrasi Perkantoran Di Masa Mendatang

Dunia Pendidikan - Memutuskan untuk bergelut di bidang Administrasi Perkantoran merupakan langkah awal yang cukup menjanjikan di masa depan. Di balik setiap bisnis yang besar ada seorang administrator kantor yang hebat pula. Sebuah bisnis tidak akan mampu berfungsi tanpa adanya peran administrator. Dibutuhkan keterampilan khusus dari untuk dapat memegang peran administrator kantor yang fantastis.
ADM (Mayri Hevinka Putri-19101152600029), Manajemen Informatika, UPI-YPTK Padang

Posisi administrasi kantor adalah di antara yang paling sering diiklankan dan sangat dicari pekerjaan, memberikan keamanan kerja, variasi dan tanggung jawab, peluang untuk bekerja di beragam tempat kerja, dan tempat pelatihan umum yang sangat baik. Peluang di administrasi kantor yang ada di setiap industri, dari kreatif untuk perusahaan untuk tidak-untuk organisasi nirlaba, serta usaha kecil dan besar.

  • Kualitas administrator kantor sangat baik seperti apa ?

Untuk unggul dalam karir administrasi kantor Anda harus memiliki keterampilan organisasi yang kuat, cepat dan efisien, mampu memprioritaskan tugas-tugas, dan mampu bekerja mandiri serta sebagai bagian dari tim.




Keterampilan yang baik dan komunikasi karena yang cerdas, sangat penting sebagai perwakilan perusahaan dalam media pendistribusi komunikasi untuk mengkoordinasi anggota lain. Pengusaha juga ingin staf administrasi yang fleksibel dan memiliki sikap positif.



  • Kualifikasi apa yang Anda perlukan untuk menjadi seorang 

Administrasi Perkantoran ?

Kebanyakan posisi administrasi memerlukan keterampilan MS Office, terutama dalam Word dan Excel. Memiliki pengetahuan dan pengalaman dari berbagai aplikasi komputer yang kuat biasanya merupakan syarat penting bagi pengusaha, sebagai pekerja administrasi kantor sering bertanggung jawab untuk menghasilkan dokumen dan laporan, menjaga catatan bisnis dan memelihara database. Menulis yang sangat baik dan keterampilan numerik juga harus baik, selain itu terkadang dibutuhkan  kecepatan mengetik cepat dan jelas. 



Salah satu jenis pekerjaan yang membutuhkan tenaga ahli administrasi perkantoran.



Resepsionis


Resepsionis mengelola di bagian depan kantor, menyapa klien, pemasok dan pengunjung serta mengarahkan panggilan telepon, email dan surat. organisasi, komunikasi dan layanan pelanggan yang kuat keterampilan persyaratan penting untuk resepsionis untuk mengelola tugas-tugas mereka bervariasi. Tanggung jawab lain mungkin termasuk mengelola janji dan pemesanan ruang pertemuan, menjaga meja depan rapi, memberikan dukungan administrasi, membuat dokumen atau laporan, entri data, mengatur perjalanan, mengelola alat tulis dan saham lainnya. Resepsionis sering dianggap wajah bisnis; sebagai hasil, presentasi pribadi profesional dan bersemangat, ramah disposisi yang sangat disukai untuk peran ini.



Asisten Administrasi

asisten administrasi mencakup berbagai tugas dan tanggung jawab tergantung pada kebutuhan bisnis. asisten administrasi mungkin diperlukan untuk mempersiapkan, file atau arsip dokumen, menyortir surat, mengirim email atau komunikasi lain untuk klien, menjawab telepon atau mengelola saham, serta memenuhi kantor umum dan tugas-tugas. Asisten administrasi juga mungkin diperlukan untuk mengatur dan mengelola acara untuk staf atau pemangku kepentingan eksternal.




Manajer kantor


Umumnya manajer kantor bertanggung jawab atas tugas-tugas kantor organisasi dan lainnya yang diperlukan untuk secara efektif dan efisien menjalankan bisnis. Tugas meliputi pengajuan dan informasi mengintegrasikan untuk digunakan oleh staf dan klien, mengelola staf internal dan komunikasi klien eksternal, pemeliharaan peralatan kantor dan perlengkapan, mengurus surat dan perbankan, dan mengelola faktur dan penggajian. keterampilan IT juga sangat dianggap sebagai manajer kantor sering diminta untuk memberikan dukungan TI kepada anggota staf lain.




posisi manajer kantor biasanya membutuhkan kandidat untuk memiliki pengalaman yang kuat administrasi dan pelatihan, dan kadang-kadang kompetensi dalam HR dan OH & S. manajer kantor untuk usaha profesional yang lebih kecil bahkan mungkin menemukan diri mereka bekerja di bidang-bidang seperti pemasaran atau pemeliharaan website.



Asisten Pribadi (AP) dan Asisten Eksekutif (AE)


Asisten pribadi (AP) dan asisten eksekutif (AE) memberikan dukungan administratif kepada eksekutif dari sebuah perusahaan atau organisasi. Peran AE ini biasanya lebih difokuskan pada pengorganisasian jadwal dan kegiatan eksekutif daripada menjalankan umum kantor. Tugas seperti manajemen diary, meninjau masuk mail, email, pengiriman dan laporan untuk prioritas, mempersiapkan agenda, menyelenggarakan pertemuan, penelitian, membuat laporan dan mengatur pengaturan perjalanan dan tamu biasanya bagian dari peran AE.



Karena AE bekerja sama dengan eksekutif dan biasanya mendapatkan informasi rahasia, peran ini membutuhkan tingkat tinggi profesionalisme dan kebijaksanaan. Di tingkat tertinggi, bekerja sebagai AP atau AE bisa sangat menguntungkan - AE eksekutif bisa memperoleh gaji sebesar $ 100.000/bulan itu di luar negeri. Bayangkan jika di Indonesia perbulannya bisa mencapai 100 juta lebih harga dari keterampilan administrasi kantor.



Virtual Asisten


Virtual asisten (VAS) memberikan terpencil administrasi freelance atau kontrak atau dukungan bantuan pribadi untuk usaha kecil. Pekerjaan ini sangat cocok untuk staf administrasi berpengalaman yang ingin menjalankan bisnis mereka sendiri dari rumah. Virtual asisten biasanya mengelola tugas-tugas seperti faktur dan pengolahan pembayaran, distribusi produk, membuat dokumen dan laporan, penanganan permintaan email dan tugas-tugas administratif lainnya yang dapat dikelola melalui email atau online.



Kemahiran dengan internet dan Skype dan pengetahuan sistem pengarsipan secara online diperlukan untuk bekerja sebagai VA. keterampilan manajemen bisnis juga merupakan keharusan bagi VAS untuk mengelola usaha kecil mereka sendiri, apakah mereka melayani satu atau dua klien besar atau banyak usaha kecil.



Bidang Spesialis

Ada juga peran administrasi khusus seperti staf administrasi hukum atau medis. Adapula menjadi Sekretaris hukum mungkin diperlukan untuk mempersiapkan korespondensi dan dokumen hukum seperti gerakan, keluhan, surat panggilan dan panggilan dari pengadilan di bawah pengawasan seorang pengacara. Staf administrasi dalam praktek medis perlu akrab dengan rumah sakit atau laboratorium prosedur, pencatatan, aturan asuransi dan praktik penagihan. Selain itu ilmu dari Administrasi Perkantoran ada pula yang menerapkannya sebagai tenaga pendidik yaitu menjadi guru di sekolah kejuruan (SMK).



Untuk menyimpulkannya adalah Seorang Administrasi Perkantoran tidak hanya mempunyai kegiatan perencanaan keuangan, penagihan dan pencatatan, personalia, dan distribusi barang serta logistik di sebuah organisasi. Melainkan masih banyak lagi keterampilan yang luar biasa dimilikinya. Perusahaan banyak yang menginginkan keterampilannya. Saya pribadi adalah pelaku dari jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran sejak saya SMK. Kemudian meneruskan ke Perguruan Tinggi dengan jurusan yang sama. Imbasnya begitu banyak keterampilan dan penguasaan skill yang menarik dan menjanjikan yang telah saya dapatkan dari jurusan Administrasi Perkantoran. 





Itulah artikel pendek saya mengenai administrasi perkantoran,dan bagi kammu yang minat dengan jurusan ini,langsung saja masuk tanpa ragu-ragu,karna di balik semua pasti akan ada hasil yang memuaskan bagi anda semuanya,, Terima Kasih telah bergabung dan telah mengikuti perkembangan pendidikansmknguguak ini..

No comments