Pelajar SMK

Di SMK Negeri 2 Guguak Memiliki Pelajar Yang Berpotensi Dan Berbakat Di Bidang Mereka Masing-masing, Pelajar SMK Memiliki Kemampuan Yang Beda Dengan Sekolah Lainnya, Karena Mereka Dididik Dengan Bantuan Guru-guru Yang Profesional Dan Berpengalaman. Disini Para Pelajar Dituntut Untuk Mengembangkan Kemampuan Yang Dimilikinya,Baik Dari Luar Maupun Dari Dalam.Gimana Penasaran Bukan ? Bagi Kamu Yang Mau masuk Sekolah Kejuruan, Buruan Aja Datang Ke SMK Negeri 2 Guguak. Jangan Ragu Yah..!!

Breaking News

Sejarah Administrasi Perakantoran (ADP)

PENGERTIAN ADMINISTRASI,SEJARAH ADMINISTRASI

A. PENGERTIAN ADMINISTRASI


ADP(Mayri Hevinka Putri-19101152600029), Manajemen Informatika, UPI-YPTK Padang

         Dunia Pendidikan -  Administrasi pengertian sehari-hari sering disamakan dengan tata usaha, yaitu berupa kegiatan mencatat, mengumpulkan dan menyimpan suatu kegiatan atau hasil kegiatan untuk membantu pimpinan dalam mengambil keputusan.
         Penjelasan di atas adalah definisi administrasi dalam arti sempit yang masih banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Suatu contoh, sebuah koran/majalah/tabloid membubuhkan alamatnya dengan “Kantor redaksi Administrasi”. Yang dimaksud oleh lembaga pers di atas lak lain adalah tata usaha. Definisi administrasi terkadang dipersempit lagi dan disamakan dengan keuangan. Misalnya seorang pegawai kantor berucap “bereskan dulu urusan administrasimu” yang dimaksud dengan administrasi oleh si pegawai adalah keuangan. –
Definisi administrasi secara luas adalah :
  1. Suatu proses yang pada umumnya terdapat pada semua usaha kelompok. negara atau swasta,   militer atau sipil, besar atau kecil dan sebagainya.
  2. Perencanaan,   pengorganisasian,   memberikan   komando, koordinasi dan mengadakan pengawasan.
  3. Kegiatan suatu kelompok yang mengadakan kerjasama untuk menyeiesaikan tujuan bersama.
  4. Bimbingan. kepemimpinan dan pengawasan daripada usaha-usaha kelompok individu terhadap tercapainya tujuan bersama.
  5. Bekerja menurut tata tertib tata usaha.
  6. Keseluruhan proses kerjasama antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Tampaknya terjadi kontradeksi dalam pengertian administrasi tersebut, tetapi dari uraian-uraian itu dapat ditarik kesimpulan makna yang terkandung dalam administrasi, yaitu :
  1. Adanya usaha atau aktivitas kelompok manusia yang terdiri dari 2 orang atau lebih.
  2. Adanya organisasi atau wadah kerjasama.
  3. Adanya perencanaan, bimbingan, kepemimpinan, koordinasi dan pengawasan.
  4. Adanya tujuan.
  5. Peralatan dan perlengkapan.
  • Ada dua macam Administrasi
Dari segi perkembangannya, administrasi dapat dibagi atas dua bagian besar, yaitu:
  1. Administrasi negara ialah keseluruhan kegiatan yang dilakukan oleh seluruh aparatur pemerintah dari suatu negara dalam usaha mencapai tujuan negara.
  2. Administrasi niaga ialah keseluruhan kegiatan mulai dari produksi barang dan/atau jasa sampai tibanya barang atau jasa tersebut di tangan konsumen.
B.    SEJARAH ADMINISTRASI

           Administrasi telah ada sejak adanya dua orang manusia (adam & hawa) bekerjasama untuk mencapai tujuan hidupnya yang didorong oleh kebutuhan dengan kemampuan yang serba terbatas, sehingga terjadi praktek administrasi secara alami atau pelaksanaan administrasi sebagai seni. Administrasi juga berkembang bersama sama dengan perkembangan peradaban manusia.
         Dengan dan melalui analisis sejarah dapat dilacak dan diketahui bahwa pada kira-kira tahun 1300 SM, bangsa Mesir telah mengenal Administrasi. Max Webber, seorang sosiolog berkebangsaan Jerman yang terkemuka pada zamannya, meyakini Mesir sebagai satu-satunya negara yang paling tua yang memiliki administrasi birokratik. Demikian juga di Tiongkok kuno, dapat diketahui tentang konstitusi Chow  yang dipengaruhi oleh ajaran Confucius dalam “Administrasi Pemerintahan”.  Dari Yunani (430 SM) dengan susunan kepengurusan Negara yang demokratis,  Romawi dengan              De Officiis dan De Legibus´nya Marcus Tullius Cicero; dan abad 17 di Prusia, Austria, Jerman, dan Prancis, dengan Kameralis, yang mengembangkan ilmu Administrasi Negara, misalnya system pembukuan dalam hal Administrasi Keuangan Negara, Merkanitilis (sentralisasi ekonomi dan politik) dan kaum Fisiokrat yang berpengaruh selama kurun waktu1550-1700-an.

            Siagian (1985:12-20) menguraikan perkembangan administrasi sebagai seni yang dibagi atas tiga fase utama yaitu:
  • Fase Prasejarah.                                                                                                                        Bukti bukti sejarah menunjukan dengan jelas bahwa administrasi telah berkembang dengan baik pada fase prasejarah,meskipun pada waktuitumasyarakat purba secara tidak sadar akan menjalankan prinsip prinsipadministrasi sebagaimana dikenal sekarang.
  • Zaman Mesopotamia,pada zaman ini telah dijalankan sebagian prinsip administrasi yang diketahui oleh manusia sekarang terutama bidang pemerintahan, perdagangan, komunikasi, pengangkutan, khususnya pengangkutan sungai.
  • Zaman Babilonia,Administrasi pemerintahan,perdagangan,perhubungan dan pengangkutan telah berkembang pula dengan baik juga telah terbina suatu sistem administrasi dibidang tekhnologi. 
  • Zaman Mesir Kuno,berdasarkan analisis dari peninggalan sejarah membuktikan bahwa aspek administrasi yang sangat berkembang di mesir kuno adalah dibidang pemerintahan, militer, perpajakan, perhubungan, dan pertanian (termasuk irigasi).
  • Zaman Tiongkok Kuno,perkembangan administrasi yg paling menonjoladalah sistem administrasi kepegawaian yg sangat baik.
  • Zaman Romawi Kuno,perkembangan administrasi pada saat itu antara lain adalah karya karya filsafat, militer, pajak, perhubungan, yang memang sangat dibutuhkan, oleh bangsa romawi kuno.
  • Zaman Yunani kuno,Sumbangan yg sangat besar artinya dalam administrasi pada zaman yunani kuno adalah adanya konsep demokrasi Isi konsep demokrasi itu menyangkut demokrasi rakyat dari suatu polis pada zaman yunani kuno yang hanya berlaku pada mereka yg memenuhi syarat syarat sebagai berikut 1.Pria, 2.Dewasa (21 tahun), 3.Lahir di athena (sebagai Polis terbesar dan penting), 4.orang tua warga athena.                                                                       
  1. Fase sejarah (tahun 1 M.sampai dengan 1886).
                  Perkembangan administrasi pada fase sejarah ini boleh dikatakan jauhlebih maju dari fase prasejarah.hal ni dapat dilihat kemajuan dalam pengurusandan pengelolaan gereja khatolik roma pada saat itu.di eropa timbul gerakangerakan adninistrasi dibidang perekonomian yang di sponsori oleh para sarjana ekonomi di tiga negara yaitu ;
  • Kaum kameralisten dijerman dan Austria
  • Kaum merkantilisten di Inggris
  • Kaum fisiokraten di Perancis
              Perkembangan administrasi semakin maju terutama ditandai dengana adanya revolusi industri di inggris. Begitupun pada saat Nabi Muhammad SAW dan para khalifah khalifahnya yang sangat terkenal keahliannya dalam sistem pemerintahan dan sistem pemerintahan militer serta tatanan kehidupan masyarakat madani. Selanjutnya pada tahun 1886 timbullah suatu gerakan di amerika serikat yg dipelopori oleh F.W.Taylor yaitu gerakan yang disebut scientific Managenent Movement. gerakan ini sekaligus menandai dua hal yaitu :
  • Berakhirnya status administrasi sebagai seni semata dan awaldimulainyaadministrasi berdwistatus yaitu administrasi sebagai seni dansebagi ilnu pengetahuan.
  • Berakhirnya fase sejarah dalam perkembangan administarsi dan tibanya fase modern yg dimulai pada tahun 1886 dan yg masih berlansung terushingga sekarang.
  • Fase Modern Yang dimulai pada tahun 1886 hingga sekarang.
  • Perkembangan administrasi dalam fase ini ditandai dengan lahirnya gerakanscientific management movenment di amerika serikat yang di pelopori oleh F.W.Taylor. sarjana ini,lahir pada tahun 1886 yang memulai karirnya sebagisarjana pertambanganyang bekerja di philadephia pada suatu perusahaan Midvalesteel company.dalam melakukan pekerjaan tersebut dia mulai mengadakan penelitian dalam usaha mempertinggi efisiensi perusahaan dan peningkatan poduktivitas para pekerja perusahaan itu.
  • Di samping itu Taylor sibuk di AS dalam penelitian soal soaladministrasi.hasil penelitiannya dituangkan dalam sebuah buku yang berjudulµGeneral and industrial management  yang terbit pada tahun 1916.
  • Perlu diketahui bahwa kalu F.W Taylor dalam bukunya banyak menyoroti para pelaksana dari manajer tingkat rendah, sehubungan dengan itu F.W Taylor diberi julukan sebagai bapak gerakan manajemen ilmiah.                             
  •   By : DuniaPendidikan

No comments