Pengertian Sikap Belajar Siswa
Dunia Pendidikan - Kali ini kami akan membahas mengenai sikap dalam belajar.
Sikap belajar adalah kecenderungan
peserta didik untuk melakukan atau tidak melakukan kegiatan belajar
sebagai dampak dari pandangan dan perasaannya terhadap kegiatan belajar
(Yusuf, 2006:116). Apabila siswa memiliki
pandangan positif bahwa belajar itu penting untuk mengembangkan kualitas
diri dan merasa senang terhadap kegiatan belajar, maka peserta didik
tersebut cenderung akan melakukan kegiatan belajar dengan sebaikbaiknya.
Sebaliknya apabila memandang belajar itu tidak penting dan tidak
menyenangkan, maka cenderung malas belajar.
Menurut Yusuf (,2006:117) kebiasaan
belajar merupakan perilaku peserta didik yang relatif menetap dalam
aktivitas belajarnya sebagai hasil pembiasaan atau perilaku yang
diulang-ulang .Sikap berbeda dengan kebiasaan, akan tetapi ada hubungan
antara sikap dan kebiasaan, yaitu sikap mungkin sekali dinyatakan dalam
kebiasaan tingkah laku tertentu.
Sikap Belajar(Mayri Hevinka Putri-19101152600029), Manajemen Informatika, UPI-YPTK Padang
Sikap dan kebiasaan belajar merupakan
perilaku peserta didik yang dilakukan secara berulang-ulang dan relatif
menetap dalam kegiatan belajarnya, sebagai dampak dari perasaan dan
pandangannya terhadap belajar. Sikap dan kebiasaan belajar bisa positif
maupun negatif, tergantung bagaimana perasaan dan pandangannya terhadap
kegiatan belajar. Dengan demikian sikap dan kebiasaan belajar merupakan
hasil proses belajar melalui pembiasaan dan proses kognitif, sehingga
sikap dan kebiasaan belajar yang negatif dapat diubah atau dimodifikasi
melalui proses belajar yang baru atau belajar kembali.
1. Pengaruh Sikap dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar
Sikap dan kebiasaan belajar merupakan
salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar atau mencapai
tujuan pembelajaran (Makmun, 2009:165). Peserta didik yang memiliki
sikap dan kebiasaan belajar yang positif akan menunjukkan perilaku dalam
kegiatan belajar secara efektif
dan efisien, baik dalam merencanakan kegiatan belajar dan mengikuti kegiatan belajar, memahami dan penguasaan materi.pelajaran, serta mempersiapkan untuk mengikuti ulangan atau ujian. Perilaku tersebut dilakukan baik pada kegiatan di sekolah, di rumah maupun kegiatan kelompok.
dan efisien, baik dalam merencanakan kegiatan belajar dan mengikuti kegiatan belajar, memahami dan penguasaan materi.pelajaran, serta mempersiapkan untuk mengikuti ulangan atau ujian. Perilaku tersebut dilakukan baik pada kegiatan di sekolah, di rumah maupun kegiatan kelompok.
Menurut Covey (2001:24) bahwa kebiasaan
akan menjadikan seseorang sukses atau menghancurkannya, dan kebiasaan
akan membentuk suatu karakter. Sikap dan kebiasaan belajar yang positif
akan membentuk karakter yang baik seperti rajin, tekun dan disiplin,
tangguh dalam menghadapi hal-hal yang megganggu kegiatan belajar (bila
menghadapi kesulitan belajar, hambatan emosional, masalah remaja dan
stress dan sebagainya), serta produktif, begitu pula sebaliknya. Sikap
dan kebiasaan belajar tidak hanya mempengaruhi prestasi belajar, tetapi
juga akan mempengaruhi karakter seseorang.
2. Ciri-ciri Peserta Didik Dengan Sikap dan Kebiasaan Belajar yang Positif
Menurut Yusuf (2006:117) ciri-ciri perilaku peserta didik yang memiliki sikap kebiasaan belajar positif, antara lain:
- menyenangi pelajaran (teori dan praktek) dan senang mengikuti kegiatan pembelajaran yang diprogramkan oleh sekolah;
- masuk kelas tepat pada waktunya, memperhatikan penjelasan guru, dan membuat catatan pelajaran dalam buku khusus secara rapi dan lengkap;
- senang bertanya apabila tidak memahaminya dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan dsikusi kelas;
- memiliki jadwal belajar yang teratur dan disiplin diri dalam belajar, serta mengerjakan tugas-tugas atau PR sebaik-baiknya;
- membaca buku-buku pelajaran secara teratur dan senang membaca buku-buku lainnya, majalah, dan koran yang isinya relevan dengan pelajaran, serta meminjam buku-buku keperpustakaan untuk menambah wawasan keilmuan;
- ulet atau tekun dalam melaksanakan pelajaran maupun praktek dan tidak mudah putus asa apabila mengalami kegagalan dalam belajar.
Sumber : Dunia Pendidikan
No comments